KKL ke Monas

Monas (Monumen Nasional) merupakan ikon dari kota Jakarta. Monas dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia. Ketika masuk pelataran bawah maka akan disuguhkan pemandangan taman yang sering disebut taman monas. Luas pelataran bawah ini 45 x 45 m sedangkan tinggi monas dari pelataran bawah adalah 17 m.

Pada halaman luar yang mengelilingi Monas terdapat relief-relief seperti relief Gajah Mada. Selanjutnya akan melewati terowongan sepanjang 3 m dan akan sampai di pintu masuk untuk menuju pelataran puncak. Sebelum menuju pelataran puncak, kita akan melewati museum sejarah perjuangan Indonesia yang luasnya 80 x 80 meter dan tingginya 8 meter sehingga mampu menampung sekitar 500 orang. Di museum ini terdapat 51 diorama yang menampilkan tentang sejarah Indonesia dari pra sejarah sampai orde baru.

Untuk naik ke pelataran puncak digunakan lift yang memuat 11 orang. Dari pelataran puncak terlihat pemandangan kota Jakarta dari segala penjuru dan dari ketinggian 115 meter dari permukaan tanah. Pelataran puncak ini memiliki luas 11 x 11 meter dan dapat menampung 50 orang. Untuk dapat melihat lebih jelas dan dekat kota Jakarta maka di pelataran puncak ini telah disedikan teropong. Di puncak Monumen Nasional terdapat cawan yang menopang nyala obor perunggu yang beratnya mencapai 14,5 ton dan dilapisi emas 50 Kilogram. Lidah api atau obor ini berukuran tinggi 17 meter dan berdiameter 6 meter terdiri dari 77 bagian yang disatukan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: