KKL ke Museum Geologi Bandung

Museum Geologi berada di Bandung. Di museum ini terdapat materi-materi geologi seperti fosil, batuan, mineral.  Museum ini terdiri dari 2 lantai.

Lantai Pertama terdapat 3 ruangan utama yaitu ruang orientasi, ruang sayap barat dan ruang sayap timur. Ruang orientasi berisi peta geografi Indonesia dalam bentuk relief layar lebar yang menayangkan kegiatan geologi dan museum dalam bentuk animasi, bilik pelayanan informasi museum serta bilik pelayanan pendidikan dan penelitian. Pada ruang sayap barat terdapat beberapa bilik yang berisi informasi tentang hipotesis terjadinya bumi di dalam sistem tata surya, tatanan tektonik regional yang membentuk geologi Indonesia, keadaan geologi beberapa wilayah. Ruang sayap barat ini sering disebut Ruang Geologi Indonesia. Di ruang sayap barat ini juga dipamerkan beragam jenis batuan (beku, sedimen, malihan) dan sumber daya mineral yang ada di setiap daerah dan juga dipamerkan kegiatan penelitian geologi Indonesia termasuk jenis-jenis peralatan/perlengkapan lapangan, sarana pemetaan dan penelitian serta hasil akhir kegiatan seperti peta (geolologi, geofisika, gunung api, geomorfologi, seismotektonik dan segalanya) dan publikasi-publikasi sebagai sarana pemasyarakan data dan informasi geologi Indonesia. Di ujung ruang sayap barat terdapat ruang kegunung apian yang memperlihatkan keadaan beberapa gunung api aktif di Indonesia seperti : Tangkuban Perahu, Krakatau, Galunggung, Merapi dan Batu. Ruang sayap timur dikenal dengan ruang sejarah kehidupan karena di ruang ini terdapat sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dari primitif hingga modern, yang mendiami planet bumi ini.

Lantai II terdapat 3 ruang utama yaitu ruang barat, tengah dan timur. Ruang barat digunakan untuk staff museum. Ruang tengah terdapat maket pertambangan emas terbesar di dunia, yang terletak di Pegunungan Tengan Irian Jaya. Ruang timur terbagi menjadi 7 ruang kecil yang setiap ruang memiliki fungsi berbeda.

  • Ruang 1 menyajikan informasi tentang manfaat dan kegunaan mineral atau batu bagi manusia, serta panel gambar sebaran sumberdaya mineral di Indonesia.
  • Ruang 2 menampilkan rekaman kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya mineral
  • Ruang 3 berisi informasi tentang pemakaian mineral dalam kehidupan sehari-hari, baik secara tradisional maupun modern.
  • Ruang 4 menunjukkan cara pengolahan dan pengelolaan komoditi mineral dan energi
  • Ruang 5 memaparkan informasi tentang berbagai jenis bahaya geologi (aspek negatif) seperti tanah longksor, letusas gunungapi dan sebagainya.
  • Ruang 6 menyajikan informasi tentang aspek positif geologi terutama berkaitan dengan gejala kegunungapian.
  • Ruang 7 menjelaskan tentang sumberdaya air dan pemanfaatannya, juga pengaruh lingkungan terhadap kelestarian sumberdaya tersebut.

Ruang tengah dan timur dikenal dengan dikenal sebagai ruang geologi untuk kehidupan manusia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: